Mantan striker Timnas Belanda, Robin van Persie mengungkapkan alasannya meninggalkan Arsenal pada 2012 dan hengkang ke Manchester United (MU).

Van Persie bergabung dengan MU, yang notabene rival Arsenal dalam perburuan gelar Premier League, pada 15 Agustus 2012. Sebelum bergabung dengan Setan Merah, sebutan MU, Van Persie telah bersama Arsenal selama delapan tahun.

Saat di Arsenal, Van Persie sedang menjabat sebagai kapten tim. Selama memperkuat klub berjulukan Meriam London tersebut, dia mencatatkan 132 gol dari 278 penampilan di semua kompetisi.

"Anda bisa membandingkan hubungan saya dengan Arsenal seperti pernikahan. Saya dan istri saya, Arsenal, sudah menikah selama delapan tahun," katanya, dikutip dari BT Sport.

Sayangnya, menurut Van Persie, Arsenal sudah tidak menginginkannya. Terbukti, kontrak Van Persie yang tinggal setahun lagi tidak tanda bakal diperpanjang.

"Setelah delapan tahun, istri saya mungkin bosan. Itulah faktanya. Arsenal tidak menawarkan kontrak baru," ujar pria yang membawa MU memenangkan gelar ke-20 di ajang Premier League tersebut.

Di saat dirinya tidak mendapat kontrak baru dari Arsenal, Van Persie memikirkan masa depannya. Dia pun memiliki tiga opsi untuk melanjutkan kariernya.

"Saya punya tiga opsi, bermain di luar Inggris dan menghilang dnegan cepat. Namun kemudian, ada tawaran dari Manchester City dan Manchester United," ucapnya menjelaskan.

"Saya orang yang ambisius, maka saya harus memilih. Ketika itu, saya masih ingin memenangkan liga (trofi yang belum didapatkan Van Persie selama berkostum Arsenal). Jadi itu alasan saya pilih MU. Begitulah hidup," kata Van Persie.

Statistik Van Persie di Premier League

Main: 280

Menang: 153

Kalah: 59

Gol: 144

Gol dengan kaki kanan: 38

Gol dengan kaki kiri: 85

Gol dengan sundulan: 11

Assist: 53

Kartu kuning: 47

Kartu merah: 2

Sumber : Liputan6